Nonton - Nonton

Assalamuálaikum warahmatullah wabarakatuh

Alhamdulillah, sampai pada postingan kedua setelah website ini launching.

Rencananya, saya mau me-review tentang film karya anak bangsa “Battle of Surabaya”. Judulnya memang menggunakan bahasa inggris karena kata bapak yang punya ide cerita, sasaran film ini adalah mancanegara. Alasannya sih, salah satunya karena biasanya indonesia sering “latah”dan ikut – ikutan apa yang jadi trend di luar sana.

Jadi ceritanya, film “Battle of Surabaya” ini baru rilis tanggal 20 Agustus 2015. Tepat ketika tanggal 21 Agustus, ketika pulang kerja, seperti biasa langsung main ke base camp (Lab Multimedia Tel-U) disana ketemu sama Mr.G. Ceritalah kalau film itu udah rilis. Dan akhirnya tepat jam 18.05 langsung menuju TSM untuk nonton film yang tayang jam 18.45

Latar Belakang Cerita

Latar belakang pada film animasi ini ada pada masa setelah indonesia merdeka. Pada awal film, diceritakan sekilas tentang asal muasal kenapa jepang menyerah kepada sekutu (peristiwa bom atom hiroshima dan nagasaki) dan kemudian indonesia merdeka. Dilanjutkan dengan latar belakang penyobekan bendera belanda diatas Hotel Yamato.

Bisa dibayangkan, cerita sejarah yang dahulunya hanya dapat kita bayangkan, yang mungkin kita tidak dapat merasakan bagaimana keadaan saat itu, pada film Battle of Surabaya divisualisasikan sedemikian hingga dan membuat penonton larut dalam suasana penyobekan bendera belanda diatas Hotel Yamato.

Tentang Battle of Surabaya

Film ini memiliki tagline yang keren menurut saya.

There is no glory in war!

Pada kenyataannya, memang tidak ada kemenangan dalam perang. Kalah jadi abu, menang jadi arang. Menang kalah sama – sama merugi. Pantas saja jika perang memang menjadi opsi paling terakhir dan paling tidak direkomendasikan selama mediasi masih bisa dilakukan.

Film ini menceritakan tentang Musa. Seorang anak penyemir sepatu yang merangkap menjadi kurir kepercayaan Tuan Yoshimura.

Pada cerita ini, diceritakan musa memiliki peran penting dalam koordinasi antar pemimpin – pemimpin saat itu. Musa juga memiliki peran penting untuk menyampaikan surat dari para pejuang kepada keluarganya. Musa diharuskan mampu menyimpan rahasia surat – surat yang dikirimkannya dari tentara jepang yang pada saat itu masih ada yang menjaga perbatasan desa.

Alur cerita, banyak membahas tentang usaha tentara Inggris & Belanda untuk menduduki kota surabaya.

Kenapa anak indonesia harus nonton?

Menurut saya, film ini adalah film yang recommended banget. Dari alur ceritanya, plotnya, latar belakangnya semuanya indonesia banget.

Jujur, akan sayang sekali kalau temen – temen masih mikir “nunggu blu-ray aja”. Karena menurut saya, ini adalah karya yang bener – bener otentik dan kental dengan budaya indonesia.

Satu pelajaran penting yang saya dapatkan dari film ini adalah :

Kita terlahir di indonesia, bukan tanpa alasan. Kita hadir di masa sekarang, bukan tanpa alasan. Kita tumbuh dewasa di masa sekarang, juga bukan tanpa alasan.

Para pahlawan yang telah mendahului kita pun, dilahirkan pada masa itu bukan tanpa alasan.

Para pejuang dilahirkan dimasa perjuangan. Para pembangun dilahirkan pada masa pembangunan. Para pemenang dilahirkan pada masa kemenangan.

Mungkin saat ini kita dilahirkan dalam masa perjuangan karena kita masih harus berjuang. Kita dilatih untuk mampu memperjuangkan apa yang menjadi hak kita.

Ketika sudah saatnya menang, akan hadir para pemenang yang dijanjikan olehNya.

Sebelum waktu itu tiba, jangan lelah untuk berjuang.

Komentar Penulis

Sejujurnya, ini adalah film animasi, film perjuangan yang bikin saya mewek nangis hampir sepanjang film. Film ini bener – bener film yang sangat menyentuh hati menurut saya.

Saya sendiri, benar – benar merasakan apa yang ingin disampaikan oleh pembuat film bahwa “siapapun bisa jadi pahlawan”.

Bertepatan dengan usia indonesia yang ke 70, film ini benar – benar memberikan makna mendalam untuk saya. Bahwa merdeka itu HARGA MATI.

Merah putih memang hanya sebatas kain tanpa nyawa. Tapi untuk mengibarkan merah putih di negeri sendiri, harus mengorbankan nyawa.

 

So, pembaca yang budiman, jangan lupa untuk nonton film-nya ya. InsyaAllah nggak akan menyesal deh. Kalau udah nonton, boleh dong share pendapatnya di kolom komentar.

Terima kasih banyak.

 

 

ps : bonus untuk yang niat nonton ke bioskop

11870763_10204489882798264_540046317967415428_n

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

clear formPost comment